Pengembangan karakter diri sangat lah penting karena karakter diri adalah salah satu cerminan diri, berikut ada 5 makna penting pembangunan karakter
1.
membangun karakter jiwa
2.
Disiplin
3.
Bertanggung jawab
4.
Berani mengambil keputusan
5.
Tidak mudah putus asa
Kegiatan Generik Harian
04.30 – 05.00 = Bangun tidur, sholat subuh
05.00 – 06.30 = Nonton TV
06.30 – 07.00 = Rapih-rapih rumah,mandi
07.00 – 09.30 = Membantu Masak
09.30 – 12.00 = Membantu usaha orang tua
12.00 – 13.00 = Istirahat,sholat dzuhur,makan siang
13.00 – 16.00 = Menbantu usaha orang tua, sholat ashar
16.00 – 17.30 = Main bola
17.30 – 18.30 = Mandi, sholat mahgrib
18.30 – 19.30 = Kumpul bersama keluarga, sholat isya
18.30 – 19.30 = Kumpul bersama keluarga, sholat isya
19.30 – 21.00 = Main dan belajar Komputer
21.30 - 04.30 = Tidur malam
Kegiatan Generik Harian yang IDEAL
05.00 – 05.30 = Bangun tidur, sholat subuh
05.30 – 07.00 = Olahraga pagi
07.00 – 07.30 = Mandi,sarapan
07.30 – 08.00 = Merapihkan rumah
80.00 – 12.00 = Kuliah
12.00 – 13.00 = Istirahat, sholat Dzhur, Istirahat
13.00 – 15.45 = Kuliah
15.45 – 16.00 = Sholat Ashar
16.00 – 17.30 = Main bola
17.30 – 18.30 = Mandi,sholat mahgrib, makan
18.30 – 19.30 = Nonton TV, Sholat Isya
19.30 – 21.30 = Main dan belajar Komputer
21.30 – 05.00 = Tidur malam
Rancangan Cara Belajar Mandiri
Alternatif Rancangan Cara Belajar Mandiri
Siapkan materi, Pelajari dan pahami Materi, Merangkum intisari materi, Mengevaluasi Materi
Siapkan materi bersama teman diskusi,lalu pelajari dan mengevaluasi bersama, agar lebih menarik dan menambah motivasi kita lakukan di tempat-tempat yang nyaman untuk belajar seperti ke taman yang tidak terlalu ramai pengunjung,berpindah-pindah tempat dari rumah teman keteman lainnya, dan bila perlu putarkan lagu untuk mencairkan suasana belajar
05.30 – 07.00 = Olahraga pagi
07.00 – 07.30 = Mandi,sarapan
07.30 – 08.00 = Merapihkan rumah
80.00 – 12.00 = Kuliah
12.00 – 13.00 = Istirahat, sholat Dzhur, Istirahat
13.00 – 15.45 = Kuliah
15.45 – 16.00 = Sholat Ashar
16.00 – 17.30 = Main bola
17.30 – 18.30 = Mandi,sholat mahgrib, makan
18.30 – 19.30 = Nonton TV, Sholat Isya
19.30 – 21.30 = Main dan belajar Komputer
21.30 – 05.00 = Tidur malam
Rancangan Cara Belajar Mandiri
- Fase Identifikasi : mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran Modul sesuai dengan materi yang akan diajarkan
- Fase Mengakses : mengakses pengetahuan terdahulu yang dimilikinya dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang sudah diketahui oleh siswa yang berkaitan dengan topik bahasan.
- Fase Menyelidiki (Exploe) : menyelidiki tentang pengetahuan terdahulu yang telah diketahuinya. Selanjutnya mengoreksi apakah pengetahuan tersebut sudah benar, setengah benar, atau salah. Perlu diskusi dengan rekan dan instruktur untuk validasi pemahaman. Pada tahap ini instruktur berperan sebagai fasilitator. Dilanjutkan dengan mempelajari materi baru.
- Fase Menjelaskan (Explain) : memperkenalkan konsep baru yang berkaitan dengan konsep pada fase eksplorasi dan memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pemahaman baru dengan pengetahuan terdahulu. Instruktur harus mendorong siswa untuk menjelaskan konsep dengan kalimat mereka sendiri dengan saling menghargai dan mendengarkan.
- Fase Merinci (Elaborate) : menerapkan pemahaman baru pada konteks yang berbeda. Hal itu bisa dilakukan dengan cara memberikan tantangan atau latihan soal tentang pemahaman baru tersebut dan
- Fase Evaluasi : menilai diri sendiri atas hasil belajar yang telah dilakukan.
Alternatif Rancangan Cara Belajar Mandiri
Siapkan materi, Pelajari dan pahami Materi, Merangkum intisari materi, Mengevaluasi Materi
Siapkan materi bersama teman diskusi,lalu pelajari dan mengevaluasi bersama, agar lebih menarik dan menambah motivasi kita lakukan di tempat-tempat yang nyaman untuk belajar seperti ke taman yang tidak terlalu ramai pengunjung,berpindah-pindah tempat dari rumah teman keteman lainnya, dan bila perlu putarkan lagu untuk mencairkan suasana belajar
0 komentar:
Posting Komentar